Sunday, June 24, 2012

Penguasaan Kosa kata


MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART SISWA KELAS X DI SMAN 1 PANGKALAN KERINCI
                                                           Oleh : Claudia, SPd
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang 
Vocabulary merupakan salah satu componen penting dalam pengajaran bahasa Inggris disamping komponen lainnya seperti structure, pronunciation dan intonation. Vocabulary mempunyai peranan yang sangat vital, karena jika seorang siswa lemah dalam penguasaan vocubalary, la tidak dapat mengkomunikasikan pikiran dan idenya dengan jeias seperti yang diinginkannya baik lisan maupun tulisan. la tidak bisa mengutarakan secara sempurna apa yang ingin ia sampaikan saat dia berbicara atau menulis. Demikian juga ia tidak dapat mengerti dengan baik isi teks yang ia baca karena ia kekurangan kosa kata yang membentuk kalimat yang diucapkan secara lisan dan tulisan serta untuk membaca serta mendengarkan berita atau percakapan dari berbagai sumber. Sudah merupakan pendapat umum, memiliki kosakata yang memadai merupakan modal atau kenderaan untuk lancarnya berkomunikasi (Adil Al¬Kufashi,1988). Lebih lanjut Jeremy Harmer (1991)menganalog kan jika bahasa itu merupakan sebatang tubuh, structure merupakan tulang yang membentuk rangka sedangkan kosakata atau vocabulary merupakan daging yang membuat tubuh mempunyai bentuk.
Dengan demikian seorang tidak akan dapat berkomunikasi dalam bahasa sasaran kalau penguasaan kosakatanya tidak memadai.
Pengajaran vocabulary disekolah-sekolah hasilnya belum memuaskan. Banyak keluhan dari guru-guru bahasa Inggris bahwa kerja keras mereka dalam mengajar tidak diimbangi oleh penguasaan kosakata yang memuaskan dari siswa. Salah satu penyebanya kemungkinan adalah belum dimanfaatkannya media alat peraga.  
Melihat kondisi ini  maka peneliti tertarik untuk melakukan  Penelitian Tinadakan kelas dengan judul MENINGKATKAN  KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART.
                                                          
B. Identifikasi Masalah
Permasalahan pokok yang dibahas dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1) Belum dimanfaatkanya  media chart
2  Metode mengajar guru yang monoton
3) Metode guru yang digunakan guru tidak tepat.
4) Motivasi siswa rendah
5) Tidak dimanfaatkanya media pembelajaran

C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas penelitian ini hanya dibatasi pada peningkatan kosakata dalam menulis teks recount  melalui pemanfaatan media chart siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci.
D. Rumusan Masalah
. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apakah melalui pemanfaatan media chart  bisa meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci? 
2. Seberapa jauh meningkatnya kemampuan penguasaan kosakata siswa dalam menulis teks recount melalui media chart?
3. Bagaimana respon siswa belajar kosakata dengan menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart?
4. Apakah kendala-kendala yang dihadapi?

E.  Tujuan Penelitian
Terdapat dua jenis tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk menemukan data dan informasi bahwa melalui pemanfaaan media chart dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dalam menulis teks Recount.
2.      Untuk mendapatkan informasi seberapa jauh meningkatnya kosakata siswa.
3.      Untuk mendapatkan gambaran reaksi siswa dalam belajar kosakata .
4.      Untuk mandapatkan / mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengusai kosakata dalam menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart.

F. Manfaat Penelitian
Manfaat bagi peneliti adalah :
1.      Syarat kenaikan pangkat
2.      Meningkatkan hasil kemampuan penguasaan kosa kata siswa.
Manfaat bagi pihak lain :
1. tuntunan bagi guru-guru yang lain tentang teknik-teknik pembelajaran kosakata;
2. memberikan tuntunan bagi para guru dalam menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan dan tidak membosankan agar siswa dapat belajar berdasarkan
kemampuan mereka, bukan memberikan paket informasi dalam mengajar bahasa Inggris,sebab mengajar bukan merupakan perpustakaan hidup, tetapi memberikan kesempatansiswa untuk berpikir yang berguna bagi perkembangan mereka.
3) bekal bagi guru yang mengajar bahasa Inggris agar memiliki persepsi dan
pemahaman yang sama terhadap pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar bahasa Inggris di SMA, sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


BAB II: KAJIAN PUSTAKA / TEORITIS
A.    KAJIAN TEORITIS
2.1. KOSAKATA
2.1.1 PENGERTIAN KOSAKATA

Kamus  Besar Bahasa Indonesia (2002 : 597) menyatakan bahwa kosa kata adalah perbendaharaan kata. Shinmura dalam Dahidi  dan
Sudjianto (2004 : 97) kosakata juga dapat dikatakan sebagai keseluruhan kata ( tango) berkenaan dengan suatu bahasa atau bidang tertentu yang ada di dalamnya.
Kosakata merupakan bagian dari suatu bahasa yang mendasari pemahaman dari bahasa tersebut . Kualitas kosakata yang dimiliki siswa mempengaruhi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak,berbicara,membaca, dan menulis.
Berdasarkan teori diatas dapat dipahami bahwa media chart adalah salah satu cara yang dapat membantu siswa untuk mampu menguasai kosa kata dalam menulis teks recount. Siswa yang dikatakan mampu menguasai kosakata  adalah siswa yang  mampu membuat teks recount dengan kosa kata yang banyak dengan tetap mengacu pada generic structure.



3.      TEXT RECOUNT

Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris SMP / SMA) recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)

                           3.MEDIA CHART
Media pembelajaran banyak jenisnya dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media harus ditentukan jenisnya berdasarkan jenis materi pelajaran yang akan di ajarkan. Salah satu jenis media yang dianggap efektif digunakan adalah media Chart. Media Charta merupakan media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan. Banyak materi yang menguraikan tentan gkonsep tertentu harus diuraikan dengan bantuan chart sehingga lebih mudah dipahami bagi siapa yang mempelajariny
Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penggunaan medi achart akan menguraikan secara jelas garis besar atau tahapan-tahapan dari suatu proses dan menyajikannya sekaligus paa satu konsep.
Cara penyajian media chart dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Beberapa cara penyajian chart antara lain menggambar chart di atas kertas dan membankitkan kepada semua anggota kelas, menggambar chart di atas papan tulis, menggambar chart di atas white board, di atas flip chart,  papan pengumuman atau dengan menggunakan OHP (Pasaribu, 1993).
Berdasarkan bentuk charta dibedakan menjadi bagan pohon (tree chart), bagan arus lurus (flow chart), bagan arus bercabang (stream chart) dan bagan garis waktu (time line chart) (Sadiman, 2002). Penggunaan flow chart akan menguraikan secara rinci berdasarkan tahapan dari suatu proses, misalnya untuk jaringan atau koneksi internet atau elearning pendidikan. Sementara untuk penggunaan stream chart adalah untuk menguraikan bagian-bagian dari konsep tertentu yang akan di ajarkan. Sementara untuk menguraikan tahapan suatu proses yang terikat oleh waktu maka lebih banyak digunakan time line chart.
Bagaimana menggunakan media chart dalam pembelajaran tentu guru sudah harus menetapkan konsep yang akan di ajarkan. .. Penggunaan ini akan sangat membantu guru dan siswa dalam menguraikan atau memahami materi.
Keuntungan penggunaan Media pembelajaran | Media Chart
Media chart mempunyai beberapa keuntungan dalam penggunaannya antara lain sifatnya yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya besar dalam penggunaanya. Selain itu penggunaan media pembelajaran chart juga dapat mengefisiienkan waktu, termasuk mengefesienkan waktu belajar sehingga peserta didik dapat lebih cepat memahami materi atau konsep yang diajarkan. Keuntungan lain adalah bahwa ada penyederhanaan konsep dari keseluruhan konsep yang ingin dipelajari sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.
Di samping keuntungan lain dari media pembelajaran berupa Media Chart tersebut, juga akan sangat membantu siswa untuk menulis penjelasan dari materi dalam bentuk flow chart. Dan bahkan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih cepat memahami sesuatu berdasarkan urutan atau tahapan waktunya adalah dengan menggunakan media chart time line.












No comments:

Post a Comment