Sunday, June 24, 2012

Penguasaan Kosa kata


MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART SISWA KELAS X DI SMAN 1 PANGKALAN KERINCI
                                                           Oleh : Claudia, SPd
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang 
Vocabulary merupakan salah satu componen penting dalam pengajaran bahasa Inggris disamping komponen lainnya seperti structure, pronunciation dan intonation. Vocabulary mempunyai peranan yang sangat vital, karena jika seorang siswa lemah dalam penguasaan vocubalary, la tidak dapat mengkomunikasikan pikiran dan idenya dengan jeias seperti yang diinginkannya baik lisan maupun tulisan. la tidak bisa mengutarakan secara sempurna apa yang ingin ia sampaikan saat dia berbicara atau menulis. Demikian juga ia tidak dapat mengerti dengan baik isi teks yang ia baca karena ia kekurangan kosa kata yang membentuk kalimat yang diucapkan secara lisan dan tulisan serta untuk membaca serta mendengarkan berita atau percakapan dari berbagai sumber. Sudah merupakan pendapat umum, memiliki kosakata yang memadai merupakan modal atau kenderaan untuk lancarnya berkomunikasi (Adil Al¬Kufashi,1988). Lebih lanjut Jeremy Harmer (1991)menganalog kan jika bahasa itu merupakan sebatang tubuh, structure merupakan tulang yang membentuk rangka sedangkan kosakata atau vocabulary merupakan daging yang membuat tubuh mempunyai bentuk.
Dengan demikian seorang tidak akan dapat berkomunikasi dalam bahasa sasaran kalau penguasaan kosakatanya tidak memadai.
Pengajaran vocabulary disekolah-sekolah hasilnya belum memuaskan. Banyak keluhan dari guru-guru bahasa Inggris bahwa kerja keras mereka dalam mengajar tidak diimbangi oleh penguasaan kosakata yang memuaskan dari siswa. Salah satu penyebanya kemungkinan adalah belum dimanfaatkannya media alat peraga.  
Melihat kondisi ini  maka peneliti tertarik untuk melakukan  Penelitian Tinadakan kelas dengan judul MENINGKATKAN  KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART.
                                                          
B. Identifikasi Masalah
Permasalahan pokok yang dibahas dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1) Belum dimanfaatkanya  media chart
2  Metode mengajar guru yang monoton
3) Metode guru yang digunakan guru tidak tepat.
4) Motivasi siswa rendah
5) Tidak dimanfaatkanya media pembelajaran

C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas penelitian ini hanya dibatasi pada peningkatan kosakata dalam menulis teks recount  melalui pemanfaatan media chart siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci.
D. Rumusan Masalah
. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apakah melalui pemanfaatan media chart  bisa meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci? 
2. Seberapa jauh meningkatnya kemampuan penguasaan kosakata siswa dalam menulis teks recount melalui media chart?
3. Bagaimana respon siswa belajar kosakata dengan menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart?
4. Apakah kendala-kendala yang dihadapi?

E.  Tujuan Penelitian
Terdapat dua jenis tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk menemukan data dan informasi bahwa melalui pemanfaaan media chart dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dalam menulis teks Recount.
2.      Untuk mendapatkan informasi seberapa jauh meningkatnya kosakata siswa.
3.      Untuk mendapatkan gambaran reaksi siswa dalam belajar kosakata .
4.      Untuk mandapatkan / mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengusai kosakata dalam menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart.

F. Manfaat Penelitian
Manfaat bagi peneliti adalah :
1.      Syarat kenaikan pangkat
2.      Meningkatkan hasil kemampuan penguasaan kosa kata siswa.
Manfaat bagi pihak lain :
1. tuntunan bagi guru-guru yang lain tentang teknik-teknik pembelajaran kosakata;
2. memberikan tuntunan bagi para guru dalam menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan dan tidak membosankan agar siswa dapat belajar berdasarkan
kemampuan mereka, bukan memberikan paket informasi dalam mengajar bahasa Inggris,sebab mengajar bukan merupakan perpustakaan hidup, tetapi memberikan kesempatansiswa untuk berpikir yang berguna bagi perkembangan mereka.
3) bekal bagi guru yang mengajar bahasa Inggris agar memiliki persepsi dan
pemahaman yang sama terhadap pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar bahasa Inggris di SMA, sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


BAB II: KAJIAN PUSTAKA / TEORITIS
A.    KAJIAN TEORITIS
2.1. KOSAKATA
2.1.1 PENGERTIAN KOSAKATA

Kamus  Besar Bahasa Indonesia (2002 : 597) menyatakan bahwa kosa kata adalah perbendaharaan kata. Shinmura dalam Dahidi  dan
Sudjianto (2004 : 97) kosakata juga dapat dikatakan sebagai keseluruhan kata ( tango) berkenaan dengan suatu bahasa atau bidang tertentu yang ada di dalamnya.
Kosakata merupakan bagian dari suatu bahasa yang mendasari pemahaman dari bahasa tersebut . Kualitas kosakata yang dimiliki siswa mempengaruhi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak,berbicara,membaca, dan menulis.
Berdasarkan teori diatas dapat dipahami bahwa media chart adalah salah satu cara yang dapat membantu siswa untuk mampu menguasai kosa kata dalam menulis teks recount. Siswa yang dikatakan mampu menguasai kosakata  adalah siswa yang  mampu membuat teks recount dengan kosa kata yang banyak dengan tetap mengacu pada generic structure.



3.      TEXT RECOUNT

Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris SMP / SMA) recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)

                           3.MEDIA CHART
Media pembelajaran banyak jenisnya dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media harus ditentukan jenisnya berdasarkan jenis materi pelajaran yang akan di ajarkan. Salah satu jenis media yang dianggap efektif digunakan adalah media Chart. Media Charta merupakan media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan. Banyak materi yang menguraikan tentan gkonsep tertentu harus diuraikan dengan bantuan chart sehingga lebih mudah dipahami bagi siapa yang mempelajariny
Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penggunaan medi achart akan menguraikan secara jelas garis besar atau tahapan-tahapan dari suatu proses dan menyajikannya sekaligus paa satu konsep.
Cara penyajian media chart dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Beberapa cara penyajian chart antara lain menggambar chart di atas kertas dan membankitkan kepada semua anggota kelas, menggambar chart di atas papan tulis, menggambar chart di atas white board, di atas flip chart,  papan pengumuman atau dengan menggunakan OHP (Pasaribu, 1993).
Berdasarkan bentuk charta dibedakan menjadi bagan pohon (tree chart), bagan arus lurus (flow chart), bagan arus bercabang (stream chart) dan bagan garis waktu (time line chart) (Sadiman, 2002). Penggunaan flow chart akan menguraikan secara rinci berdasarkan tahapan dari suatu proses, misalnya untuk jaringan atau koneksi internet atau elearning pendidikan. Sementara untuk penggunaan stream chart adalah untuk menguraikan bagian-bagian dari konsep tertentu yang akan di ajarkan. Sementara untuk menguraikan tahapan suatu proses yang terikat oleh waktu maka lebih banyak digunakan time line chart.
Bagaimana menggunakan media chart dalam pembelajaran tentu guru sudah harus menetapkan konsep yang akan di ajarkan. .. Penggunaan ini akan sangat membantu guru dan siswa dalam menguraikan atau memahami materi.
Keuntungan penggunaan Media pembelajaran | Media Chart
Media chart mempunyai beberapa keuntungan dalam penggunaannya antara lain sifatnya yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya besar dalam penggunaanya. Selain itu penggunaan media pembelajaran chart juga dapat mengefisiienkan waktu, termasuk mengefesienkan waktu belajar sehingga peserta didik dapat lebih cepat memahami materi atau konsep yang diajarkan. Keuntungan lain adalah bahwa ada penyederhanaan konsep dari keseluruhan konsep yang ingin dipelajari sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.
Di samping keuntungan lain dari media pembelajaran berupa Media Chart tersebut, juga akan sangat membantu siswa untuk menulis penjelasan dari materi dalam bentuk flow chart. Dan bahkan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih cepat memahami sesuatu berdasarkan urutan atau tahapan waktunya adalah dengan menggunakan media chart time line.












Tuesday, March 16, 2010

Soal Latihan Ujian Nasional SMK Bahasa Inggris 2010

SOAL LATIHAN UJIAN NASIONALBAHASA INGGRIS SMK
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PART VI. Directions: Each item in this part has four underlined words or phrases, marked (A), (B), (C), (D). You are to identify the one underlined word or phrase that should be corrected or rewritten, and mark your answer.


1. Our biggest problem are that the supplies are not readily available.
A B C D

2. The director hired a new salesperson who he had worked for our largest competitor.
A B C D

3. The accountant explained that the new software is more faster than the old software.
A B C D

4. Saddam: you look pale. Are you alright?
A
Daffy : I feel tiring after working the whole day. I have to take a rest now.
B C D

5. Voice: Jasmin Hotel. Can I help you?
A
Sally: Yes, should I book a VIP-room today?
B C
Voice: who’s calling, please?
D

6. Rendy: do you know the man standing over there?
A
Cindy: No. I’ve never meet him before. Who do you think he is?
B C
Rendy: He is Mr. Thomson, the owner of this plaza.
D

7. Officer: You will not stop your car here. It’s blocking the traffic.
A B
Indika : I’m sorry, Sir. I didn’t mean it. I just need to drop this luggage.
C D


8. Cashier : How would you like to pay?
A
Costumer : I don’t have enough cash, should I use a credit card?
B C
Chasier : Credit cards are accepted here.
D

9. Dewi : Look at these beautiful skirts. I think I will take the red one.
A B
Rinda : I prefer blue better than red.
C D


10. The company headquarters is much closest to your office than to mine.
A B C D

PART VII. Directions: The following questions are based on a selection of reading materials, such as notices, letters, forms, articles, and advertisements. You are to choose the one best answer the questions (A), (B), (C), or (D). Answer all the questions following each reading selection on basis of what is stated or implied in the selection.

The Information Highway is the road that links computer users to an infinite number of on-line services: the Web, electronic mail, public forums, and software, to mention just a few. Not long ago, the Information Highway was a new road, with not many users. Now, everyone seems to want to take a drive, with over 30 million households connected worldwide. Not surprisingly, this well-traveled highway is start¬ing to look like a well-traveled highway. Traffic jams can cause routers to break up, forcing the system to close down for maintenance and repair. Naturally, accidents will happen on such a populated road, and usually the victim is some unintended file, gone forever. Then, of course, there's Mr. Cool, with his new broad-band connection, who speeds down the highway faster than most of us can go. But don't kid yourself; he pays for that speeding.
11. What is this the article about?
a. Computerized access to information.
b. E-mail
c. Traveling by highway
d. Traffic problems on congested roads.
12. Why would the information highway need to be closed?
a. there is an infinite number of services
b. there aren’t enough users
c. there are to many users
d. there’s an accident
13. Who can travel fastest on the highways?
a. Someone in a fancy new car.
b. Cool people
c. Someone with a broad-band connection
d. The police
SALES MANAGER
Multinational company seeks sales manager for its office products division. Candidate must have 10 years experience in sales development and management in the field and the ability to motivate and train incoming sales staff. Good salary and benefits package. Qualified candidates should send their resumes to: The Daily News, Box 8552, 1627 Elm Street, Adelaide, Australia
14. Which segment of the business is looking for a sales manager?
a. The office product division
b. The multinational company
c. The personnel division
d. The over seas staff
15. What type of experience is required for the job?
a. Product development.
b. Expanding sales
c. Ten years in office management
d. Research in the field
16. Where should applicant send their resumes?
a. To the company
b. To the division manager
c. To the vice-president of sales
d. To the newspaper
The company provides a benefit pension plan covering all employees. Benefits are based on years of service and on the employee's highest salary. Both the company and the employee make contributions to the plan according to government regula¬tions. Employees eligible to receive pension funds are paid monthly through the plan.
17. What determines the benefits?
a. Years at the company and salary
b. Bonuses
c. Starting wage
d. Company profits
18. Who determines the rules of contribution?
a. Managers of the benefit pension plan
b. Anyone who is eligible to receive funds
c. The company and the employee
d. The government
19. How often do eligible employees receive payments from the plan?

a. Every week
b. Every two weeks
c. Once a month
d. Once a year
FAX COVER SHEET
ARS TECH
Avenida Diagonal 673-683
08028 Barcelona
Spain
Tel: (3 318-4300
Fax: (Y) 318-4308
To: All Board Members
From: Fernando Murillo
Accounting Department
Date: October 23, 200__
Pages: This +10
Ref: 200__ Budget
Message:
Please review the attached budget before the meeting tomorrow. The meeting will begin Tuesday, October 24 at 10:00 A.M. in room 42 in Building B. It will last through Thursday and will finish at 5:00 P.M. There will be a reception at the Sofitel Hotel Thursday evening.

20. Where will the meeting be held?
a. In a Room 24
b. In building B
c. Next door
d. At the Sofitel hotel

21. How many days will the meeting last?
a. Two
b. Three
c. Four
d. Five

22. What day was the fax written?
a. Monday
b. Tuesday
c. Thursday
d. Friday

23. How many pages are in the whole fax?
a. One
b. Two
c. Ten
d. Eleven



When you are looking
For a new job, you must talk to as many people as you can who work in your field or in related fields. This is called networking. Networking allows you to learn about new areas to pursue and to find out which companies may need someone with your skills. Networking is a fun and easy way to find out about new opportunities. And when your new job comes along, you will already know some of your colleagues.

24. What is networking?
a. Learning the job well
b. Meeting people in related fields
c. Studying lots of companies
d. Getting along with your colleagues

25. What is NOT mentioned as something you can learn from networking?
a. New career areas
b. Your colleagues and what they do
c. Which companies may need you
d. What the companies pay

26. .. to pursue ( line 3) means…
a. to avoid
b. to convince
c. to close
d. to challenge















27. What is the purpose of technology for the research division?
a. It lowers cost.
b. It is used in research.
c. It is follows consumer trends.
d. It increases product quality.
28. Which of the following is not a research priority?
a. Improving quality
b. Being environmentally responsible
c. Developing new products
d. Hiring good engineers
29. How does this division try to lower costs?
a. By conserving energy
b. By improving manufacturing processes
c. By working fewer hours
d. By limiting exploration
30. The closest meaning to the word advancements (line 2) is …
a. improve
b. measurement
c. management
d. progress
































31. What is the purpose of this ad?
a. To meet new people
b. To sell tickets
c. To recruit potential employees
d. To show off the new headquaters
32. Where will the event be held?
a. At their headquarters
b. At the owner’s house
c. On a plane
d. At the regional office
33. What is available at the open house?
a. New planes for viewing
b. Jobs as pilot and co-pilot
c. Positions in reservations and sales
d. A tour of the offices
34. Resume in this advertisement means …
a. record
b. note
c. reputation
d. specification




















35. What does this passage discuss?
a. Rules for riding buses
b. Safety concerns
c. Bus routes and fares
d. Problems of the bus service
36. Why should passengers pay the exact fare?
a. Passengers will know what they paid.
b. The money is easier to count.
c. The fare buys a ticket.
d. Drivers cannot make change.
37. Who is entitled to use the priority seating area?
a. Mothers and children
b. Elderly and handicapped people
c. Bus company employees
d. Riders who pay extra
38. Which activity is prohibited on a bus?
a. Chewing gum
b. Talking loudly
c. Smoking
d. Using earphones
39. The similar meaning to the word fare is …
a. cost
b. tax
c. expand
d. profit

40. Rear in above sentence means …
a. in front of
b. up stair
c. middle
d. back part













41. What was the purpose of the study?
a. To determine what sales managers should do
b. To survey how sales managers use their time
c. To find out how many managers have duties
d. To gauge how long it takes for managers to do their jobs
42. What task do sales managers spend the most time on?
a. Training salespeople
b. Performing administrative tasks
c. Reviewing sales records
d. Making sales assignments
43. How much of their time do sales managers spend with the technical staff?
a. 5%
b. 8%
c. 10%
d. 15%
44. What can be concluded from the study?
a. There are few customer problems.
b. Sales are a low priority.
c. Little time is spent on training.
d. No time is spent on finding new customers.

45. Miscellaneous in this study means …
a. various qualities
b. many problems
c. misunderstanding
d. miscommunication

46. What does this ad suggest that you do this summer?
a. Take a vacation
b. Go to school
c. Get a new job
d. Consider a career in business
47. Who attends this center?
a. Professional managers
b. College professors changing careers
c. Undergraduate students in business
d. Office staff
48. What is required for admission?
a. The name of your manager
b. A copy of your grades
c. Your job title and duties
d. Letters of recommendation
49. How long is the course?
a. All summer long
b. One week
c. Three evenings a month
d. Two years
50. The closest meaning to the words Peers (line 3) is …
a. older people
b. the same age friends
c. the people younger
d. the closest friends

Saturday, February 20, 2010

Action Research1

PROPOSAL

ACTION RESEARCH

STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI ACTION-FUNCTION AND FUN LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BAHASA INGGERIS MURID SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BENGKALIS.

Oleh

1. Drs. H. Abdullah Hasan M.Sc

2. Khairil Anwar M.A

3. Aswir Astaman M.Pd

4. Rizky Gushendra M.Ed

PEMDA TK II KABUPATEN BENGKALIS

PROPINSI RIAU

2009

A. PENDAHULUAN

Bahasa Inggris memberikan peranan yang sangat penting di berbagai aspek kehidupan di era globalisaasi ini,dan juga merupakan bahasa yang paling banyak dipakai oleh manusia dewasa ini sebagai salah satu bahasa internasional. Dengan tantangan yang ditunjukkan oleh kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, maka bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat krusial untuk dikuasai untuk menimba berbagai ilmu pengetahuan baik melalui informasi media cetak maupun media elektronik. Selanjutnya juga diamati bahwa pada umumnya buku-buku ilmu pengetahuan ditulis dalam bahasa Inggris.

Tujuan pembelajaran bahasa Inggris secara umum mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi adalah untuk meningkatkan kompetensi komunikatif bahasa Inggris lisan dan tulisan, serta mampu mengakses berbagai informasi melalui ke empat skill bahasa, listening, speaking, reading and writing serta komponen bahasa grammar dan vocabulary.. Dengan penguasaan kompetensi bahasa tersebut, para pelajar diharapkan memiliki kesadaran tentang pentingnya bahasa Inggris untuk dikuasai sehingga mampu berkompetisi di era globalisaasi ini.

B. DASAR PEMIKIRAN

Sebagai dasar pemikiran untuk pelaksanaan kajian ini yaitu : Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 10 menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berhak mengarahkan, membimbing dan mengawaasi penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya,Pasal Ayat (1) juga menyatakan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Dengan lahirnya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, wewenang Pemerintah Daerah dalam pennyelenggaraan pendidikan di daerah menjadi semakin besar. Lahirnya kedua undang-undang tersebut menandai sistem baru dalam penyelenggaraan pendidikan dari sistem yang cenderung sentralistik menjadi lebih desentralistik.

C. LATAR BELAKANG

Di Indonesia, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Di tingkat SD/MI, bahasa Inggris diberikan sebagai muatan lokal untuk kelas 1 s/d 3, sedangkan kelas 4 s/d 6 sudah merupakan mata pelajaran yang wajib dipelajari dengan waktu 2 jam pelajaran per minggu. Di jenjang sekolah menengah pertama dan menengah atas merupakan salah satu mata pelajaran yang menentukan untuk kelululusan ujian nasional dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran per minggu. Sedangkan di tingkat perguruan tinggi, bahasa Inggris disajikan 2 /d 6 SKS dan kurikulumnya mengarah kepada English for Specific Purposes.

Suwarsih (2002:142) menyatakan bahwa berdasarkan pengamatan para alumni siswa-siswi sekolah menengah atas sederajat yang telah mempelajari bahasa Inggris paling kurang 6 tahun setara dengan alokasi waktu 900 jam pelajaran secara umum masih tidak mampu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi baik lisan maupun tulisan. Fenomena ini juga diamati dikalangan alumni perguruan tinggi yang masih sedikit sekali yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehingga masih sangat jauh dari pencpaian tujuan pembelajaran bahasa Inggris meskipun sudah banyak usaha-usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan pencapaian kwalitas yang diharapkan.

Zainil (2005:10) states that based on observation and experiences in teaching English at junior and senior high schools in Indonesia, in general, indicates that the teachers have done communicative language teaching for several years based on their different perceptions and understandings. Few teachers teach English in real situation, most of them do it inartificial ones, and some in both. Hal ini menunjukan masih sedikitnya jumlah guru yang mampu secara profesional menyajikan pelajaran bahasa Inggris dengan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dan mempercepat pencapaian hasil belajar yang diharapkan.

Selanjutnya berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti dalam training /workshop guru-guru bahasa Inggris untuk tingkat SD/MI di beberapa kabupaten di Riau, masih sedikit sekali guru yang profesional yang mampu mengajar bahasa Inggris dengan metode dan strategi yang sesuai dengan English for children, sehingga menyebabkan mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang harus ditakuti oleh para murid., malahan ada sebahagian murid tidak mau masuk belajar dalam pelajaran bahasa Inggris.

Untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, pemerintah dalam hal ini departemen pendidikan nasional mulai tingkat nasional, propinsi dan sampai tingkat kabupaten dan kota serta sekolah-sekolah telah banyak melakukan terobosan-terobosan berupa pelatihan-pelatihan/workshop guru-guru bahasa Inggris mengenai metode ataupun strategi pembelajaran serta kurikulum bahasa Inggris dan textbook, namun kenyataan menunjukkan bahwa hasil atau tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang diharapkan belum memadai. Karena itulah kami dari team peneliti tertarik untuk melaksanakan action research dengan judul “STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI ACTION-FUNCTION AND FUN LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BAHASAINGGERIS MURID SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BENGKALIS”, sebagai salah satu solusi terhadap permasalahan yang ada serta menyumbangkan ide demi peningkatan mutu pendidikan khususnya di bidang bahasa Inggris.

D. PERNYATAAN MASALAH.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada di tingkat sekolah dasar baik pihak guru maupun murid merupakan suatu hal yang perlu dipertanyakan bagaimana caranya mengatasi kendala-kendala yang ada khususnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah tingkat dasar tersebut sehingga dapat mencapai hasil/ tujuan pembelajaran yang diharapkan. Apa usaha-usaha yang harus dilakukan oleh pihak pemerintah ( perancang kurikulum) ,pihak sekolah (kepala sekolah dan tenaga pendidik bahasa Inggris). maupun masyarakat?. Strategi pembelajaran bahasa Inggris bagaimanakah yang memungkinkan termotivasinya murid SD/MI sehingga timbulnya minat mereka serta senang belajar bahasa Inggris?

Berkenaan dengan pembelajaran bahasa, Julian (1994:15) mengungkapkan bahwa ‘ the key to learning is motivation, never forget it’. Hal ini dapat dinyatakan bahwa motivasi merupakan kunci keberhasilah belajar bahasa, semakin tinggi motivasi seseorang peserta didik dalam belajar bahasa, maka semakin tinggi pula keberhasilan atau prestasi belajar yang akan diraihnya. Di lapangan menunjukkan bahwa murid-murid SD/MI masih banyak yang belum termotivasi dalam belajar bahasa Inggris serta kurang minatnya begitu juga dengan sikapnya sehingga mengakibatkan hasil/prestasi yang belum memadai. Selanjutnya kurangnya sarana dan prasana belajar bahasa Inggris serta kurangnya pengetahuan atau skill para guru bahasa Inggris dan strategi yang tidak menarik perhatian murid-murid dalam proses pembelajaran, maka akan semakin jauh prestasi murid untuk meraih keberhasilan yang diharapkan.

E. TUJUAN KAJIAN.

Tujuan utama dari kajian action research ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran bahasa Inggris yang relevan untuk murid-murid tingkat sekolah dasar sehingga mereka termotivasi untuk belajar bahasa Inggris setelah diadakan action research selama 3 bulan atau setara dengan alokasi waktu 60 jam pelajaran serta dapat memperoleh hasil/prestasi belajar yang diharapkan.

Selanjutnya juga bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan strategi pembelajaran bahasa Inggris melalui action-function dan fun learning disertai dengan modul, pengadaan kaset dan VCD lagu-lagu bahasa Inggris sesuai dengan topik pembahasan yang disampaikan.Akhirnya hasil kajian Action Research ini akan diseminarkan pada Seminar internasional Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan oleh MICELT (Malaysia International Conference on English Language Teaching ) yang ke delapan pada tahun 2010..

E. PERUMUSAN KAJIAN.

Perumusan kajian ini diungkapkan dengan pertanyaan sebagai berikut:

  1. Bagaimana sikap (attitude) peserta didik setelah diberikan action research selama 60 jam pelajaran?
  2. Bagaimana motivasi peserta didik setelah diberikan action research selama 60 jam pelajaran?
  3. Bagaimana kemampuan speaking peserta didik sebagai pemula untuk memperkenalkan dirinya sendiri atau orang lain?
  4. Bagaimana penguasaan vocabulary yang dikuasai oleh peserta didik setelah diberikan action reseaech selama 60 jam pelajaran?
  5. Bagaimana kemampuan peserta didik memberikan perintah untuk melakukan simple action and function?
  6. Bagaimana kemampuan peserta didik dalam melakukan komunikasi tanya jawab baik sesama teman maupun dengan guru dalam proses pembelajaran?
  7. Bagaimana respon peserta didik bila ditunjuk oleh guru untuk menyanyikan lagu bahasa Inggris dalam proses pembelajaran?
  8. Bagaimana respon peserta didik bila ditunjuk oleh guru untuk melakukan perintah dalam bahasa Inggris?
  9. Bagaimana respon peserta didik bila ditunjuk oleh guru untuk melakukan role play dalam pembelajaran bahasa Inggris?
  10. Bagaimana respon peserta didik bila ditunjuk oleh guru untuk melakukan English game dalam pembelajaran bahasa Inggris?

G. POPULASI DAN SAMPEL KAJIAN.

Mengingat besarnya populasi kajian ini yaitu seluruh SD/MI sekabupaten Bengkalis dan juga kajian ini adalah action research maka sampel yang digunakan adalah 48 orang murid dari 2 buah sekolah yang dibagi menjadi 2 kelas dengan jumlah murid 24 orang per kelas pada kelas 4 Sekolah Dasar.

H. WAKTU dan LOKASI KAJIAN

Kajian ini akan dilaksanakan selama 3 bulan atau 60 jam pelajaran di 2 sekolah di Kabupaten Bengkalis.

I. KERANGKA KAJIAN.

THEORETICAL FRAMEWORK


DAFTAR KEPUSTAKAAN

Bruen, J. 2001 Strategies for success: profiling the effective learners of German. Foreign language Annals, 34(3) 216-225

Chamot, A.U., Barnhardt,S., El-Dinary,P.B., & Robbins,J. 1996. Methods for teaching learning strategies in the foreign language classroom. In R,I., Oxford (ed.). Language learning strategies around the world: cross-cultural perspectives (Tech, Rep. No. 13, pp. 175-187). Honolulu, HI: University of Hawai Press

Cohen, A.D. 1998. Strategies in learning and using a second language.

New York: Addison Wesley Longman.

Dickinson, L. 1987. Self instruction in language learning. Cambridge University

Press.

Drozdial-Szelest, K. 1997. Language learning strategies in the process of acquiring a foreign language. Poznan, Poland: Motives.

Gay, L.R. & Peter Araisian. 2003. Educational research competencies for analysis and application. Pearson Education, Inc. Upper Saddle River, New Jersey.

Green, J.M., & Oxford, R. 1995. A closer look at learning strategies, L2 proficiency, and gender. TESOL Quarterly, 29 (2), 261-297.

Holec, H. 1981. Autonomy and foreign language learning. Oxford Pargamon Press.

Khairul, 2004. Perception of language learning strategies used by Indonesian secondary school learners according to gender and field of study and their relationships with English language achievement. Universiti Putra Malaysia.

Johari Afrizal .2005. Language learning strategies of EFL university students at an Indonesian private university, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Lee, K.R. & Oxford, R.L 2008 Understanding EFL learners’ strategy use and strategya awareness. The Asean EFL Journal Quarterly, 10 (1), 7-32.

Littlewood, William. 1996. Self-: Why do we want it and what can it do? London: Longman..

Manfred, W. 2007 The relationship between the use of metacognitive language-learning strategies and language-learning motivation among Chinese-speaking ESL learners at a vocational education institute in Hong Kong. The Asean EFL Journal Quarterly, 9 (3), 93-117.

Maleki, A. & Zangani, E. 2007 A survey on the relationship between English language proficiency and the academic achievement of Iranian EFL students. The Asean EFL Journal Quarterly, 9 (1), 64-72.

Mohammed Amin Embi 1996, Language learning strategies emplyed by secondary school students learning English as a foreign language in Malaysia, Doctoral dissertation. School of Education, University of Leeds.

Mohammed Amin Embi 2000, Language learning strategies, Bangi: Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Mohammed Amin Embi 2000b A Web-Based learner training model, Bangi: Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Mohammed Amin Embi, Juriah Long & Mohd.Isa Hamzah. 2001, Language learning strategies employed by secondary school students in Malaysia, Journal of Education, Universiti Kebangsaan Malaysia

O’Malley, J.M., Chamot, A.U., 1990. Learning strategies in Second language acquisition. New York; Cambridge university Press.

Oxford, R.L. 1990.Language learning strategies; What every teacher should know. Boston: Heinle & Heinle.

Oxford, R.L., & Burry-Stock, J.A.1995. Assessing the use of language learning strategies worldwide with the ESL/EFL version of the Strategy Inventory for Language Learning System, 23 (2),153-175

Suwarsih, 2002. Developing standard for EFL in Indonesia as part of the EFL teaching reform, TEFLIN Journal, Vol.3 (2) August 2002.

Zainil. 2005. Communicative language teaching of English: Universitas Negeri Padang Press.

Zainil, 2005. Good language learner strategies and communicative language teaching. Universitas Negeri Padang Press.

ANGGARAN DANA

Besar dana yang dibutuhkan.

  1. Satu unit laptop ………………………………………. Rp. 9.000.000,
  2. Satu unit infocus……………………………………….Rp.10.000.000
  3. Satu unit kamera………………………………………Rp. 8.000.000
  4. Proposal………………………………………………. Rp. 1.000.000
  5. Pelatihan guru (20 orang) selama 40 jam……………. Rp. 20.000.000
  6. Action Research selama 3 bulan (60 jam).................... Rp. 45.000.000.
  7. Pengadaan rekaman kaset/VCD…………………….. Rp. 10.000.000
  8. Pembuatan modul…………………………………… Rp. 10.000.000
  9. Pembuatan laporan penyelidikan…………………… Rp. 5.000.000
  10. Transportasi…………………………………………. Rp. 15.000.000

_______________________________________

Jumlah Rp. 135.000.000