Tuesday, June 26, 2012

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESCRIPTIVE MELALUI METODE ESTAFET WRITING DI KELAS XI SMAN 2 RAMBAH HILIR


By. NUR IKHSAN,S.Pd
SMAN 2 RAMBAH HILIR (ROHUL)
HP: 081365774929



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan (Listening),berbicara (Speaking),membaca (Reading) dan menulis (Writing).
Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi tertentu.
Didalam pembelajaran bahasa inggris ada beberapa  materi yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA, seperti teks fungsional pendek, percakapan interpersonal, dan teks yang berbentuk narrative, recount, report, procedure, newsitem, hortatory exposition, analytical exposition, explanation, discussion,and review (Genre based Approach). Salah satu teks tersebut berbentuk descriptive.
Sebagaimana tercantum didalam standar isi, tentang kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa tingkat SMA dalam menulis adalah mampu mengungkapkan berbagai makna (interpersonal) dalam berbagai teks tulis interaksional dan monolog yang  berbentuk narrative, report, recount, dan lainnya pada umumnya, khususnya siswa diharapkan mampu membuat teks singkat yang berbentuk descriptive.
Namun kenyataannya, kemampuan siswa kelas X SMAN 2 Rambah Hilir dalam menulis, khususnya teks yang berbentuk descriptive sangatlah rendah. Sebahagian siswa belum mampu membuat teks singkat yang berbentuk descriptive.
Kemungkinan rendahnya kemampuan menulis siswa dalam teks yang berbentuk descriptive disebabkan oleh motivasi siswa yang rendah, atau karena metode penilaian yang tidak tepat,  bisa juga karena rendahnya penguasaan tata bahasa inggris, atau mungkin karena metode mengajar yang tidak tepat, dan frekuensi latihan yang tidak cukup.
Sebagai seorang guru, penulis merasa terpanggil untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran, termasuk juga rendahnya kemampuan menulis siswa kelas X SMAN 2 Rambah Hilir dalam teks yang berbentuk descriptive. Dan penulis merasa menemukan pemecahannya yaitu melalui metode estafet writing, namun peningkatan kemampuan menulis siswa dalam teks descriptive belum teruji secara ilmiah. Oleh karena itulah penulis membuat penelitian tindakan kelas dengan judul: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESCRIPTIVE SISWA KELAS X SMAN 2 RAMBAH HILIR MELALUI METODE ESTAFET WRITING.
B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, indikasi masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Motivasi siswa yang rendah
2.      Metode penilaian yang tidak tepat.
3.      Rendahnya penguasaan tata bahasa inggris
4.      Metode mengajar yang tidak tepat
5.      Frekuensi latihan yang tidak cukup

C.      Pembatasan  Masalah
Berdasarkan indikasi masalah diatas, penelitian ini dibatasi hanya pada   meningkatkan kemampuan menulis teks descriptive siswa kelas X SMAN 2 Rambah Hilir melalui metode estafet writing.
D.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Sejauh manakah peningkatan kemampuan menulis teks descriptive siswa X SMAN 2 Rambah Hilir melalui metode estafet writing?
2.      Kendala – kendala apakah yang dihadapi dalam menerapkan metode estafet writing?
3.      Bagaimana penggunaan metode estafet dapat meningkatkan kemampuan menulis teks descriptive siswa?
4.      Apakah metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa?

E.       Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui sejauh manakah kemampuan menulis teks descriptive siswa kelas X SMAN 2 Rambah Hilir melalui metode estafet writing  .
2.      Untuk mengatasi kendala – kendala  yang dihadapi dalam menulis.
3.      Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode estafet dapat meningkatkan kemampuan menulis teks descriptive siswa.
4.      Untuk mengetahui apakah metode estafet writing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

F.       Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini dapat berguna untuk :
1.      Guru
Dapat memberikan informasi tentang metode yang sesuai dengan pembelajaran
2.      Siswa
Meningkatkan motivasi dan prestasi pada pelajaran bahasa inggris.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.          Kajian Teoritik
A.1. Pengertian Menulis

Menulis dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat medianya (Suparno dan M. Yunus dalam St.Y. Slamet, 2007: 96). Sementara itu Puji Santosa, dkk (2008: 6.14) mengemukakan bahwa menulis dapat dianggap sebagai proses ataupun suatu hasil. Menulis adalah menemukan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu (Tarigan dalam Muchlisoh, 1993: 233). Menurut Byrne dalam St.Y. Slamet (2008: 141) mengungkapkan bahwa keterampilan menulis pada hakikatnya bukan sekedar kemampuan menulis simbol-simbol grafis sehingga berbentuk kata, dan kata-kata dapat disusun menjadi kalimat menurut peraturan tertentu, melainkan keterampilan menulis adalah kemampuan menuangkan buah pikiran ke dalam bahasa tulis melalui kalimat-kalimat yang dirangkai secara utuh, lengkap, dan jelas sehingga buah pikiran tersebut dapat dikomunikasikan kepada pembaca dengan berhasil.

A.2. Pengertian Descriptive Text


A.3. Metode Estafet Writing.
Estafet writing adalah salah satu strategi yang digunakan didalam proses pembelajaran bahasa inggris yang mana diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Dimana adanya kerjasama antar siswa yang satu dengan yang lainnya. Sehingga pada akhirnya siswa dapat membuat sebuah teks secara berantai.
Melalui metode estafet writing didalam menulis sebuah teks, diharapkan secara umum siswa kelas X SMAN 2 Rambah Hilir  mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, ide dan pendapatnya, khususnya mampu menghasilkan sebuah teks singkat yang berbentuk descriptive.
B.            Penelitian yang Relevan
Penelitian tentang Kemampuan Menulis Teks descriptive Melalui Estafet Writing, pernah diteliti oleh: Siti Syathariah, yang judulnya Meningkatkan Motivasi dan Kemauan Siswa dalam Menulis Puisi dengan Metode Estafet Writing, 2010 yang mana hasilnya diketahui bahwa selama proses pembelajaran menulis puisi dengan metode Estafet Writing motivasi siswa meningkat.
 Walaupun begitu, penelitian ini memiliki persamaan dengan masalah yang penulis angkat yaitu sama-sama menggunakan metode Estafet Writing.
Adapun perbedaannya dengan penelitian yang penulis angkat adalah penulis membahas tentang kemampuan menulis teks descriptive, akan tetapi Penelitian Siti Syathariah mengangkat tentang motivasi dan kemauan siswa dalam menulis puisi.













BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yaitu penelitian yang bertujuan untuk pencapaian hasil belajar siswa.
A.     Setting Penelitian
A.1. Tempat
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Rambah Hilir, karena penulis mengajar disekolah ini. Sehingga penilitian ini tidak dapat dengan mudah dilaksanakan dan bahkan tidak akan menganggu kegiatan proses belajar mengajar di sekolah ini.
A.2. Subject
            Adapun subject penelitian ini adalah siswa kelas X.C  yang berjumlah 30 orang siswa; 12 laki-laki dan 18 perempuan. Adapun alasan penulis memilih kelas tersebut karena disebabkan sebagian besar siswa kelas X.C memiliki kemampuan menulis writing yang rendah.
A.3. Waktu
            Penelitian ini direncanakan akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012 / 2013, tepatnya pada bulan September – November 2012.

B.          Prosedur  Penelitian
Penelitian ini direncanakan dilaksanakan dalam 3 siklus, siklus pertama adalah mencari materi, merancang RPP, melaksanakan pretest, memberi perlakuan ( mengajar) dan memberikan pengujian. Adapun siklus kedua adalah menganalisa hasil pretest dan pengujian, menganalisa hasil refleksi dan memberi tindakan. Kemudian siklus ketiga adalah mengoreksi hasil.

C.          Instrumen Penelitian
Adapun instrument penelitian ini berupa penugasan, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa.


D.          Analisis Data
Keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh meningkatnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, untuk mengukur hasil belajar siswa, instrument yang digunakan adalah memberi penugasan untuk setiap siklus. Analisa data dilakukan dengan melihat perkembangan peningkatan hasil belajar dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, yang dijelaskan dalam bentuk angka dan deskripsi kemajuan.






















MATERI; CONTOH SEBUAH TEKS DESCRIPTIVE

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
            Proses pembelajaran direncanakan dalam tiga kegiatan, yaitu (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, (3) kegiatan akhir. Berikut ini adalah uraiannya:

KEGIATAN AWAL
1.      Pertama mengabsen kehadiran siswa dan menkondisikan kelas untuk memulai pelajaran.
2.      Kemudian   mereview pelajaran yang lalu pada kompetensi reading  pada    teks narrative serta guru bertanya jawab tentang generic structure, communicative purpose, dan language feature teks narrative.
3.      Setelah itu guru memberikan contoh sebuah teks  descriptive kepada siswa.

KEGIATAN INTI
1.      Pelaksanaan dengan menggunakan metode estafet writing, diawali dengan penjelasan tentang langkah-langkah metode pembelajaran estafet writing.
2.      Kemudian guru membagi siswa atas 6 kelompok kecil yang beranggotakan 5 siswa tiap-tiap kelompok.


Sunday, June 24, 2012

Penguasaan Kosa kata


MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART SISWA KELAS X DI SMAN 1 PANGKALAN KERINCI
                                                           Oleh : Claudia, SPd
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang 
Vocabulary merupakan salah satu componen penting dalam pengajaran bahasa Inggris disamping komponen lainnya seperti structure, pronunciation dan intonation. Vocabulary mempunyai peranan yang sangat vital, karena jika seorang siswa lemah dalam penguasaan vocubalary, la tidak dapat mengkomunikasikan pikiran dan idenya dengan jeias seperti yang diinginkannya baik lisan maupun tulisan. la tidak bisa mengutarakan secara sempurna apa yang ingin ia sampaikan saat dia berbicara atau menulis. Demikian juga ia tidak dapat mengerti dengan baik isi teks yang ia baca karena ia kekurangan kosa kata yang membentuk kalimat yang diucapkan secara lisan dan tulisan serta untuk membaca serta mendengarkan berita atau percakapan dari berbagai sumber. Sudah merupakan pendapat umum, memiliki kosakata yang memadai merupakan modal atau kenderaan untuk lancarnya berkomunikasi (Adil Al¬Kufashi,1988). Lebih lanjut Jeremy Harmer (1991)menganalog kan jika bahasa itu merupakan sebatang tubuh, structure merupakan tulang yang membentuk rangka sedangkan kosakata atau vocabulary merupakan daging yang membuat tubuh mempunyai bentuk.
Dengan demikian seorang tidak akan dapat berkomunikasi dalam bahasa sasaran kalau penguasaan kosakatanya tidak memadai.
Pengajaran vocabulary disekolah-sekolah hasilnya belum memuaskan. Banyak keluhan dari guru-guru bahasa Inggris bahwa kerja keras mereka dalam mengajar tidak diimbangi oleh penguasaan kosakata yang memuaskan dari siswa. Salah satu penyebanya kemungkinan adalah belum dimanfaatkannya media alat peraga.  
Melihat kondisi ini  maka peneliti tertarik untuk melakukan  Penelitian Tinadakan kelas dengan judul MENINGKATKAN  KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSA KATA DALAM MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI MEDIA CHART.
                                                          
B. Identifikasi Masalah
Permasalahan pokok yang dibahas dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1) Belum dimanfaatkanya  media chart
2  Metode mengajar guru yang monoton
3) Metode guru yang digunakan guru tidak tepat.
4) Motivasi siswa rendah
5) Tidak dimanfaatkanya media pembelajaran

C. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah diatas penelitian ini hanya dibatasi pada peningkatan kosakata dalam menulis teks recount  melalui pemanfaatan media chart siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci.
D. Rumusan Masalah
. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apakah melalui pemanfaatan media chart  bisa meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kerinci? 
2. Seberapa jauh meningkatnya kemampuan penguasaan kosakata siswa dalam menulis teks recount melalui media chart?
3. Bagaimana respon siswa belajar kosakata dengan menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart?
4. Apakah kendala-kendala yang dihadapi?

E.  Tujuan Penelitian
Terdapat dua jenis tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk menemukan data dan informasi bahwa melalui pemanfaaan media chart dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata dalam menulis teks Recount.
2.      Untuk mendapatkan informasi seberapa jauh meningkatnya kosakata siswa.
3.      Untuk mendapatkan gambaran reaksi siswa dalam belajar kosakata .
4.      Untuk mandapatkan / mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengusai kosakata dalam menulis teks recount melalui pemanfaatan media chart.

F. Manfaat Penelitian
Manfaat bagi peneliti adalah :
1.      Syarat kenaikan pangkat
2.      Meningkatkan hasil kemampuan penguasaan kosa kata siswa.
Manfaat bagi pihak lain :
1. tuntunan bagi guru-guru yang lain tentang teknik-teknik pembelajaran kosakata;
2. memberikan tuntunan bagi para guru dalam menciptakan situasi belajar yang
menyenangkan dan tidak membosankan agar siswa dapat belajar berdasarkan
kemampuan mereka, bukan memberikan paket informasi dalam mengajar bahasa Inggris,sebab mengajar bukan merupakan perpustakaan hidup, tetapi memberikan kesempatansiswa untuk berpikir yang berguna bagi perkembangan mereka.
3) bekal bagi guru yang mengajar bahasa Inggris agar memiliki persepsi dan
pemahaman yang sama terhadap pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar bahasa Inggris di SMA, sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.


BAB II: KAJIAN PUSTAKA / TEORITIS
A.    KAJIAN TEORITIS
2.1. KOSAKATA
2.1.1 PENGERTIAN KOSAKATA

Kamus  Besar Bahasa Indonesia (2002 : 597) menyatakan bahwa kosa kata adalah perbendaharaan kata. Shinmura dalam Dahidi  dan
Sudjianto (2004 : 97) kosakata juga dapat dikatakan sebagai keseluruhan kata ( tango) berkenaan dengan suatu bahasa atau bidang tertentu yang ada di dalamnya.
Kosakata merupakan bagian dari suatu bahasa yang mendasari pemahaman dari bahasa tersebut . Kualitas kosakata yang dimiliki siswa mempengaruhi empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak,berbicara,membaca, dan menulis.
Berdasarkan teori diatas dapat dipahami bahwa media chart adalah salah satu cara yang dapat membantu siswa untuk mampu menguasai kosa kata dalam menulis teks recount. Siswa yang dikatakan mampu menguasai kosakata  adalah siswa yang  mampu membuat teks recount dengan kosa kata yang banyak dengan tetap mengacu pada generic structure.



3.      TEXT RECOUNT

Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Jadi recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris SMP / SMA) recount text adalah a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, aksi ataupun aktifitas. Tujuan recount text adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)

                           3.MEDIA CHART
Media pembelajaran banyak jenisnya dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan media harus ditentukan jenisnya berdasarkan jenis materi pelajaran yang akan di ajarkan. Salah satu jenis media yang dianggap efektif digunakan adalah media Chart. Media Charta merupakan media visual yang berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan. Banyak materi yang menguraikan tentan gkonsep tertentu harus diuraikan dengan bantuan chart sehingga lebih mudah dipahami bagi siapa yang mempelajariny
Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penggunaan medi achart akan menguraikan secara jelas garis besar atau tahapan-tahapan dari suatu proses dan menyajikannya sekaligus paa satu konsep.
Cara penyajian media chart dapat dipilih sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Beberapa cara penyajian chart antara lain menggambar chart di atas kertas dan membankitkan kepada semua anggota kelas, menggambar chart di atas papan tulis, menggambar chart di atas white board, di atas flip chart,  papan pengumuman atau dengan menggunakan OHP (Pasaribu, 1993).
Berdasarkan bentuk charta dibedakan menjadi bagan pohon (tree chart), bagan arus lurus (flow chart), bagan arus bercabang (stream chart) dan bagan garis waktu (time line chart) (Sadiman, 2002). Penggunaan flow chart akan menguraikan secara rinci berdasarkan tahapan dari suatu proses, misalnya untuk jaringan atau koneksi internet atau elearning pendidikan. Sementara untuk penggunaan stream chart adalah untuk menguraikan bagian-bagian dari konsep tertentu yang akan di ajarkan. Sementara untuk menguraikan tahapan suatu proses yang terikat oleh waktu maka lebih banyak digunakan time line chart.
Bagaimana menggunakan media chart dalam pembelajaran tentu guru sudah harus menetapkan konsep yang akan di ajarkan. .. Penggunaan ini akan sangat membantu guru dan siswa dalam menguraikan atau memahami materi.
Keuntungan penggunaan Media pembelajaran | Media Chart
Media chart mempunyai beberapa keuntungan dalam penggunaannya antara lain sifatnya yang sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya besar dalam penggunaanya. Selain itu penggunaan media pembelajaran chart juga dapat mengefisiienkan waktu, termasuk mengefesienkan waktu belajar sehingga peserta didik dapat lebih cepat memahami materi atau konsep yang diajarkan. Keuntungan lain adalah bahwa ada penyederhanaan konsep dari keseluruhan konsep yang ingin dipelajari sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa.
Di samping keuntungan lain dari media pembelajaran berupa Media Chart tersebut, juga akan sangat membantu siswa untuk menulis penjelasan dari materi dalam bentuk flow chart. Dan bahkan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih cepat memahami sesuatu berdasarkan urutan atau tahapan waktunya adalah dengan menggunakan media chart time line.












Tuesday, March 16, 2010

Soal Latihan Ujian Nasional SMK Bahasa Inggris 2010

SOAL LATIHAN UJIAN NASIONALBAHASA INGGRIS SMK
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

PART VI. Directions: Each item in this part has four underlined words or phrases, marked (A), (B), (C), (D). You are to identify the one underlined word or phrase that should be corrected or rewritten, and mark your answer.


1. Our biggest problem are that the supplies are not readily available.
A B C D

2. The director hired a new salesperson who he had worked for our largest competitor.
A B C D

3. The accountant explained that the new software is more faster than the old software.
A B C D

4. Saddam: you look pale. Are you alright?
A
Daffy : I feel tiring after working the whole day. I have to take a rest now.
B C D

5. Voice: Jasmin Hotel. Can I help you?
A
Sally: Yes, should I book a VIP-room today?
B C
Voice: who’s calling, please?
D

6. Rendy: do you know the man standing over there?
A
Cindy: No. I’ve never meet him before. Who do you think he is?
B C
Rendy: He is Mr. Thomson, the owner of this plaza.
D

7. Officer: You will not stop your car here. It’s blocking the traffic.
A B
Indika : I’m sorry, Sir. I didn’t mean it. I just need to drop this luggage.
C D


8. Cashier : How would you like to pay?
A
Costumer : I don’t have enough cash, should I use a credit card?
B C
Chasier : Credit cards are accepted here.
D

9. Dewi : Look at these beautiful skirts. I think I will take the red one.
A B
Rinda : I prefer blue better than red.
C D


10. The company headquarters is much closest to your office than to mine.
A B C D

PART VII. Directions: The following questions are based on a selection of reading materials, such as notices, letters, forms, articles, and advertisements. You are to choose the one best answer the questions (A), (B), (C), or (D). Answer all the questions following each reading selection on basis of what is stated or implied in the selection.

The Information Highway is the road that links computer users to an infinite number of on-line services: the Web, electronic mail, public forums, and software, to mention just a few. Not long ago, the Information Highway was a new road, with not many users. Now, everyone seems to want to take a drive, with over 30 million households connected worldwide. Not surprisingly, this well-traveled highway is start¬ing to look like a well-traveled highway. Traffic jams can cause routers to break up, forcing the system to close down for maintenance and repair. Naturally, accidents will happen on such a populated road, and usually the victim is some unintended file, gone forever. Then, of course, there's Mr. Cool, with his new broad-band connection, who speeds down the highway faster than most of us can go. But don't kid yourself; he pays for that speeding.
11. What is this the article about?
a. Computerized access to information.
b. E-mail
c. Traveling by highway
d. Traffic problems on congested roads.
12. Why would the information highway need to be closed?
a. there is an infinite number of services
b. there aren’t enough users
c. there are to many users
d. there’s an accident
13. Who can travel fastest on the highways?
a. Someone in a fancy new car.
b. Cool people
c. Someone with a broad-band connection
d. The police
SALES MANAGER
Multinational company seeks sales manager for its office products division. Candidate must have 10 years experience in sales development and management in the field and the ability to motivate and train incoming sales staff. Good salary and benefits package. Qualified candidates should send their resumes to: The Daily News, Box 8552, 1627 Elm Street, Adelaide, Australia
14. Which segment of the business is looking for a sales manager?
a. The office product division
b. The multinational company
c. The personnel division
d. The over seas staff
15. What type of experience is required for the job?
a. Product development.
b. Expanding sales
c. Ten years in office management
d. Research in the field
16. Where should applicant send their resumes?
a. To the company
b. To the division manager
c. To the vice-president of sales
d. To the newspaper
The company provides a benefit pension plan covering all employees. Benefits are based on years of service and on the employee's highest salary. Both the company and the employee make contributions to the plan according to government regula¬tions. Employees eligible to receive pension funds are paid monthly through the plan.
17. What determines the benefits?
a. Years at the company and salary
b. Bonuses
c. Starting wage
d. Company profits
18. Who determines the rules of contribution?
a. Managers of the benefit pension plan
b. Anyone who is eligible to receive funds
c. The company and the employee
d. The government
19. How often do eligible employees receive payments from the plan?

a. Every week
b. Every two weeks
c. Once a month
d. Once a year
FAX COVER SHEET
ARS TECH
Avenida Diagonal 673-683
08028 Barcelona
Spain
Tel: (3 318-4300
Fax: (Y) 318-4308
To: All Board Members
From: Fernando Murillo
Accounting Department
Date: October 23, 200__
Pages: This +10
Ref: 200__ Budget
Message:
Please review the attached budget before the meeting tomorrow. The meeting will begin Tuesday, October 24 at 10:00 A.M. in room 42 in Building B. It will last through Thursday and will finish at 5:00 P.M. There will be a reception at the Sofitel Hotel Thursday evening.

20. Where will the meeting be held?
a. In a Room 24
b. In building B
c. Next door
d. At the Sofitel hotel

21. How many days will the meeting last?
a. Two
b. Three
c. Four
d. Five

22. What day was the fax written?
a. Monday
b. Tuesday
c. Thursday
d. Friday

23. How many pages are in the whole fax?
a. One
b. Two
c. Ten
d. Eleven



When you are looking
For a new job, you must talk to as many people as you can who work in your field or in related fields. This is called networking. Networking allows you to learn about new areas to pursue and to find out which companies may need someone with your skills. Networking is a fun and easy way to find out about new opportunities. And when your new job comes along, you will already know some of your colleagues.

24. What is networking?
a. Learning the job well
b. Meeting people in related fields
c. Studying lots of companies
d. Getting along with your colleagues

25. What is NOT mentioned as something you can learn from networking?
a. New career areas
b. Your colleagues and what they do
c. Which companies may need you
d. What the companies pay

26. .. to pursue ( line 3) means…
a. to avoid
b. to convince
c. to close
d. to challenge















27. What is the purpose of technology for the research division?
a. It lowers cost.
b. It is used in research.
c. It is follows consumer trends.
d. It increases product quality.
28. Which of the following is not a research priority?
a. Improving quality
b. Being environmentally responsible
c. Developing new products
d. Hiring good engineers
29. How does this division try to lower costs?
a. By conserving energy
b. By improving manufacturing processes
c. By working fewer hours
d. By limiting exploration
30. The closest meaning to the word advancements (line 2) is …
a. improve
b. measurement
c. management
d. progress
































31. What is the purpose of this ad?
a. To meet new people
b. To sell tickets
c. To recruit potential employees
d. To show off the new headquaters
32. Where will the event be held?
a. At their headquarters
b. At the owner’s house
c. On a plane
d. At the regional office
33. What is available at the open house?
a. New planes for viewing
b. Jobs as pilot and co-pilot
c. Positions in reservations and sales
d. A tour of the offices
34. Resume in this advertisement means …
a. record
b. note
c. reputation
d. specification




















35. What does this passage discuss?
a. Rules for riding buses
b. Safety concerns
c. Bus routes and fares
d. Problems of the bus service
36. Why should passengers pay the exact fare?
a. Passengers will know what they paid.
b. The money is easier to count.
c. The fare buys a ticket.
d. Drivers cannot make change.
37. Who is entitled to use the priority seating area?
a. Mothers and children
b. Elderly and handicapped people
c. Bus company employees
d. Riders who pay extra
38. Which activity is prohibited on a bus?
a. Chewing gum
b. Talking loudly
c. Smoking
d. Using earphones
39. The similar meaning to the word fare is …
a. cost
b. tax
c. expand
d. profit

40. Rear in above sentence means …
a. in front of
b. up stair
c. middle
d. back part













41. What was the purpose of the study?
a. To determine what sales managers should do
b. To survey how sales managers use their time
c. To find out how many managers have duties
d. To gauge how long it takes for managers to do their jobs
42. What task do sales managers spend the most time on?
a. Training salespeople
b. Performing administrative tasks
c. Reviewing sales records
d. Making sales assignments
43. How much of their time do sales managers spend with the technical staff?
a. 5%
b. 8%
c. 10%
d. 15%
44. What can be concluded from the study?
a. There are few customer problems.
b. Sales are a low priority.
c. Little time is spent on training.
d. No time is spent on finding new customers.

45. Miscellaneous in this study means …
a. various qualities
b. many problems
c. misunderstanding
d. miscommunication

46. What does this ad suggest that you do this summer?
a. Take a vacation
b. Go to school
c. Get a new job
d. Consider a career in business
47. Who attends this center?
a. Professional managers
b. College professors changing careers
c. Undergraduate students in business
d. Office staff
48. What is required for admission?
a. The name of your manager
b. A copy of your grades
c. Your job title and duties
d. Letters of recommendation
49. How long is the course?
a. All summer long
b. One week
c. Three evenings a month
d. Two years
50. The closest meaning to the words Peers (line 3) is …
a. older people
b. the same age friends
c. the people younger
d. the closest friends