Selasa, 26 Juni 2012

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA SISWA KELAS XI DI SMAN 3 TEBING TINGGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI


Oleh : Sri Mulyani, S.Pd
SMAN 3 Tebing Tinggi Selatpanjang

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang selalu diterapkan dibeberapa bidang pekerjaan dizaman era globalisasi saat ini. Untuk menguasai bahasa Inggris yang paling utama adalah menguasai English skill yang terdiri dari listening, speaking, reading dan writing. Didalam English skill terdapat beberapa komponen bahasa Inggris yaitu structure, vocabulary dan pronunciation.
Untuk menguasai Bahasa Inggris dengan baik, siswa dituntut untuk memahami English skill dan komponen-komponen yang ada didalam pelajaran Bahasa Inggris tersebut. Salah satu komponen Bahasa Inggris yang sangat penting agar siswa bisa menguasai Bahasa Inggris dengan baik yaitu vocabulary. Penting bagi siswa untuk menguasai vocabulary karena tanpa mengetahui vocabulary siswa tidak akan bisa menyimak, berbicara, membaca dan menulis dengan baik. Melalui penelitian ini diharapkan siswa dapat mengetahui banyak vocabulary dan bisa menerapkannya didalam listening, speaking, reading dan writing.
Dalam proses belajar mengajar, guru selalu dihadapkan oleh beberapa masalah, salah satu nya yaitu rendah nya kemampuan siswa didalam menguasai kosa kata. Hal ini tentu sulit bagi mereka untuk bisa memahami setiap kalimat yang diajar kan oleh guru. Khususnya siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi, siswa sangat sulit memahami isi teks yang di pelajari.
Ada beberapa kemungkinan penyebab rendahnya kemampuan siswa didalam menguasai kosa kata, antara lain siswa tidak termotivasi dalam pelajaran  Bahasa Inggris atau siswa tidak memiliki biaya untuk membeli buku atau kamus. Selain itu mungkin kurangnya minat siswa dalam membaca atau mungkin metode mengajar guru yang monoton.
Sebagai seorang guru, penulis merasa terpanggil untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam  proses belajar mengajar, termasuk juga rendahnya penguasaan kosa kata dalam pelajaran Bahasa Inggris, dan penulis menemukan alternative pemecahan masalahnya yaitu melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi. Namun peningkatan kemampuan kosa kata ini belum teruji secara ilmiah. Oleh karena alas an ini lah penulis membuat penelitian tindakan kelas dengan judul MENINGKAT KAN KEMAMPUAN KOSA KATA SISWA KELAS XI DI SMAN 3 TEBING TINGGI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI.
B.   Identifikasi masalah
          Identifikasi masalah dalam hal ini adalah :
1.     Rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
2.     Tidak adanya biaya untuk membeli buku / kamus
3.     Siswa kurang minat membaca.
4.     Metode mengajar guru yang monoton.

C.   Pembatasan masalah.
          Berdasarkan identifikasi masalah diatas penelitian ini dibatasi hanya pada peningkatan peningkatan kemampuan kosa kata siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi melalui penerapan metode pembelajaran yang berfariasi.
D. Rumusan Masalah.
          Apakah melalui penerapan metode pembelajaran yang bervariasi mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa dalam pelajaran bahasa Inggris ? Bagaimana respon siswa dalam belajar melalui penerapan metode pembelajaran secara bervariasi ? Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran secara bervariasi ?




D.   Tujuan Penelitian.
                Tujuan penelitian ini adalah  untuk :
1.     Menemukan data dan informasi bahwa melalui penerapan metode pembelajaran secara bervariasi.
2.     Untuk mendapatkan  bukti seberapa jauh peningkatan hasil proses belajar siswa dikelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi.
3.     Untuk mendapatkan reaksi siswa dalam penerapan metode pembelajaran secara bervariasi.
F. Manfaat Penelitian.
                   Manfaat bagi peneliti adalah sejauh mana metode pembelajaran ini berhasil diterapkan dalam proses belajar mengajar.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
 

A.    Kajian Teoritik.
B.   Penelitian yang relevan
C.   Kerangka berfikir


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
              Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.  Metode penelitiannya adalah sebagai berikut :
A.   Setting Penelitian.
1.  Tempat
               Penelitian ini didakan di SMAN 3 TEBING Tinggi, karena  penulis mengajar di SMA tersebut. Di SMAN 3 Tebing Tinggi terdiri dari 10 kelas. Siswa kelas XI dipilih karena penulis juga mengajar di kelas tersebut. Selain itu juga kemampuan siswa di kelas tersebut rendah, oleh sebab itu penulis ingin mengadakan penelitian disana untuk menguji apakah penelitian ini berhasil atau tidak.

2.  Waktu
        Penelitian diperkirakan akan dilakukan pada pertengahan bulan Januari 2013, yaitu pada awal tahun ajaran 2012-2013.

3.     Subject
          Subject penelitiannya adalah Siswa SMAN 3 Tebing Tinggi kelas XI yang berjumlah 40 orang. 20 orang laki-laki dan 20 orang perempuan.

B.   Prosedur Penelitian
          Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus.
1.     Siklus Pertama
          Yaitu mencari materi, merancang RPP. Pre-test, kegiatan ini boleh ada boleh tidak. Memberi tindakan atau perlakuan, kemudian mengadakan pengujian.
2.     Siklus Kedua.
          Yaitu Menganalisa hasil, refleksi dan  memberikan  tindakan.


3.     Siklus Ketiga
     Menganalisa hasil dan refleksi.

C.   Instrumen Penelitian
          Instrumen penelitian berupa tes tertulis berupa penugasan.


D.   Analisis data
          Keberhasilan penelitian ini di buktikan dengan meningkatnya hasil belajar. Oleh karena itu untuk mengukur hasil belajar digunakan tes tertulis untuk setiap siklus. Analisa data dilakukan dengan melihat perkembangan peningkatan hasil dari siklus 1 , siklus 2 dan siklus 3 yang di jelaskan berupa angka dan deskripsi kemajuan.

1 komentar:

Poskan Komentar