Oleh
: Sri Mulyani, S.Pd
SMAN 3 Tebing Tinggi Selatpanjang
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bahasa Inggris
merupakan bahasa pengantar yang selalu diterapkan dibeberapa bidang pekerjaan
dizaman era globalisasi saat ini. Untuk menguasai bahasa Inggris yang paling
utama adalah menguasai English skill yang terdiri dari listening, speaking,
reading dan writing. Didalam English skill terdapat beberapa komponen bahasa
Inggris yaitu structure, vocabulary dan pronunciation.
Untuk
menguasai Bahasa Inggris dengan baik, siswa dituntut untuk memahami English
skill dan komponen-komponen yang ada didalam pelajaran Bahasa Inggris tersebut.
Salah satu komponen Bahasa Inggris yang sangat penting agar siswa bisa
menguasai Bahasa Inggris dengan baik yaitu vocabulary. Penting bagi siswa untuk
menguasai vocabulary karena tanpa mengetahui vocabulary siswa tidak akan bisa
menyimak, berbicara, membaca dan menulis dengan baik. Melalui penelitian ini
diharapkan siswa dapat mengetahui banyak vocabulary dan bisa menerapkannya
didalam listening, speaking, reading dan writing.
Dalam proses
belajar mengajar, guru selalu dihadapkan oleh beberapa masalah, salah satu nya
yaitu rendah nya kemampuan siswa didalam menguasai kosa kata. Hal ini tentu
sulit bagi mereka untuk bisa memahami setiap kalimat yang diajar kan oleh guru.
Khususnya siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi, siswa sangat sulit memahami isi
teks yang di pelajari.
Ada beberapa
kemungkinan penyebab rendahnya kemampuan siswa didalam menguasai kosa kata,
antara lain siswa tidak termotivasi dalam pelajaran Bahasa Inggris atau siswa tidak memiliki
biaya untuk membeli buku atau kamus. Selain itu mungkin kurangnya minat siswa
dalam membaca atau mungkin metode mengajar guru yang monoton.
Sebagai
seorang guru, penulis merasa terpanggil untuk memecahkan masalah-masalah yang
dihadapi dalam proses belajar mengajar,
termasuk juga rendahnya penguasaan kosa kata dalam pelajaran Bahasa Inggris,
dan penulis menemukan alternative pemecahan masalahnya yaitu melalui penerapan
metode pembelajaran yang bervariasi. Namun peningkatan kemampuan kosa kata ini
belum teruji secara ilmiah. Oleh karena alas an ini lah penulis membuat
penelitian tindakan kelas dengan judul MENINGKAT
KAN KEMAMPUAN KOSA KATA SISWA KELAS XI DI SMAN 3 TEBING TINGGI MELALUI
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN YANG BERVARIASI.
B.
Identifikasi
masalah
Identifikasi masalah dalam hal ini adalah :
1. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris.
2. Tidak adanya biaya untuk membeli buku / kamus
3.
Siswa kurang minat
membaca.
4. Metode mengajar guru yang monoton.
C.
Pembatasan
masalah.
Berdasarkan identifikasi masalah diatas penelitian ini
dibatasi hanya pada peningkatan peningkatan kemampuan kosa kata siswa kelas XI
SMAN 3 Tebing Tinggi melalui penerapan metode pembelajaran yang berfariasi.
D.
Rumusan Masalah.
Apakah melalui penerapan metode pembelajaran yang
bervariasi mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa dalam pelajaran bahasa
Inggris ? Bagaimana respon siswa dalam belajar melalui penerapan metode
pembelajaran secara bervariasi ? Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam
penerapan metode pembelajaran secara bervariasi ?
D. Tujuan Penelitian.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk :
1.
Menemukan
data dan informasi bahwa melalui penerapan metode pembelajaran secara
bervariasi.
2. Untuk mendapatkan
bukti seberapa jauh peningkatan hasil proses belajar siswa dikelas XI
SMAN 3 Tebing Tinggi.
3. Untuk mendapatkan reaksi siswa dalam penerapan metode
pembelajaran secara bervariasi.
F. Manfaat Penelitian.
Manfaat bagi peneliti adalah
sejauh mana metode pembelajaran ini berhasil diterapkan dalam proses belajar
mengajar.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Kajian Teoritik.
B.
Penelitian
yang relevan
C.
Kerangka
berfikir
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitiannya adalah sebagai berikut :
A.
Setting
Penelitian.
1. Tempat
Penelitian ini didakan di SMAN 3 TEBING Tinggi,
karena penulis mengajar di SMA tersebut.
Di SMAN 3 Tebing Tinggi terdiri dari 10 kelas. Siswa kelas XI dipilih karena
penulis juga mengajar di kelas tersebut. Selain itu juga kemampuan siswa di
kelas tersebut rendah, oleh sebab itu penulis ingin mengadakan penelitian
disana untuk menguji apakah penelitian ini berhasil atau tidak.
2. Waktu
Penelitian diperkirakan akan dilakukan pada pertengahan bulan Januari 2013,
yaitu pada awal tahun ajaran 2012-2013.
3.
Subject
Subject penelitiannya adalah Siswa
SMAN 3 Tebing Tinggi kelas XI yang berjumlah 40 orang. 20 orang laki-laki dan
20 orang perempuan.
B.
Prosedur
Penelitian
Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus.
1. Siklus Pertama
Yaitu mencari materi, merancang RPP. Pre-test, kegiatan
ini boleh ada boleh tidak. Memberi tindakan atau
perlakuan, kemudian mengadakan pengujian.
2. Siklus Kedua.
Yaitu Menganalisa hasil, refleksi dan memberikan tindakan.
3. Siklus Ketiga
Menganalisa hasil dan refleksi.
C.
Instrumen
Penelitian
Instrumen penelitian berupa tes tertulis berupa
penugasan.
D. Analisis data
Keberhasilan penelitian ini di buktikan dengan
meningkatnya hasil belajar. Oleh karena itu untuk mengukur hasil belajar
digunakan tes tertulis untuk setiap siklus. Analisa data dilakukan dengan
melihat perkembangan peningkatan hasil dari siklus 1 , siklus 2 dan siklus 3
yang di jelaskan berupa angka dan deskripsi kemajuan.
very good
ReplyDelete